Puskesmas Pagelaran Sosialisasi Kesehatan di Pekon Candiretno

Puskesmas Pagelaran menggelar Sosialisasi tentang kesehatan terhadap warga masyarakat Pekon Candi Retno, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Sosialisasi digelar di Kantor Pekon Candi Retno. Rabu (23/01/19), Sekira pukul 09:00 s/d 12:00 Wib.

Wahyudin mewakili kepala Puskes Pagelaran sebagai nara sumber dari 30 warga Pekon Candi Retno yang mengikuti acara tersebut, didampingi Firmansyah Kepala Pekon Candi Retno, menjelaskan beberapa penyakit menular dan penyakit tidak menular yang membahayakan dan harus dihindari masyarakat setempat, adapun penyakit menular yang harus dihindari seperti TBC dan Diare, sementara penyakit yang tidak menular adalah DBD, Darah tinggi, Struk, dan Kencing manis yang tentunya membahayakan bagi kita semua. “banyaknya masyarakat Pekon Candi Retno yang resah dengan adanya penyakit TBC maupun DBD ini dikarenakan masyarakat tidak memperhatikan pola makanan, lingkungan, dan kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya sosialisasi yang kami terapkan ke Pekon-pekon se Kecamatan Pagelaran yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan dan pengetahuan kepada masyarakat, dalam hal ini kami benar-benar menerapkan ketegasan serta kebijakan yang disampaikan Bapak Wabup sendiri,” ucapnya.

Lanjut Wahyudin juga mengatakan, “akan bahayanya penyakit DBD dan TBC yang sudah banyak dirasakan masyarakat setempat, harapan Saya kepada masyarakat agar bisa lebih memperhatikan kesehatan disetiap harinya, dengan cara sedini mungkin mengecek kesehatan ke Puskesmas Pagelaran guna mencegah penyakit tersebut terjadi pada keluarga kita,” ucap Wahyudin.

Firmansyah kepala Pekon Candi Retno  dalam sambutannya mengatakan kepada masyarakat yang hadir pada acara ini, “mari kita bersama-sama menjaga kesehatan kita maupun keluarga kita, dalam acara sosialisasi ini Saya sangat berharap kepada masyarakat setempat untuk bergotong royong serta membersihkan lingkungan tempat tinggal kita, dan tentunya memperhatikan pola makanan sehari-hari. Dan untuk genangan air yang tidak berfungsi kiranya bisa secepat mungkin dibersihkan, guna menghindarai penyakit DBD yang kita tidak inginkan bersama,”

Lanjut Firmansyah mewakili masyarakat setempat, “mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan kepada kepala Puskesmas Pagelaran yang sudah mau mengadakan kegiatan positif ini kepada masyarakat Candi Retno, guna menambah wawasan masyarakat setempat begitu bahayanya penyakit-penyakit yang harus kita hindari, seperti penyakit DBD dan TBC yang sudah banyak dirasakan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Sutikno, Anggota Koramil 05 Pagelaran, selaku Babinsa Pekon Candi Retno mengatakan, “kepada masyarakat yang hadir pada acara hari ini, kiranya bisa terus bersemangat untuk menjaga kesehatan kita dan kesehatan keluarga kita akan bahayanya penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Pagelaran yang diwakili Wahyudin, Sutikno Babinsa Pekon Candi Retno,  Firmansyah Kepala Pekon Candi Retno, Subandian selaku sekretaris beserta jajaran aparatur pekon, dan masyarakat setempat.

sumber : MDSNews